Selasa, 30 November 2010

Jacques Louis David, si Neoclassicm Perancis

 
Jacques Louis David adalah seorang pelukis Prancis. Ia lahir di Paris, Prancis pada 30 Agustus 1748 dan meninggal pada 29 Desember 1825. Ia terkenal sebagai pelukis Napoleon. Dia adalah seorang pendukung Revolusi Perancis dan salah satu tokoh terkemuka Neoclassicism. Sebagai  Neoclassicist brilian, David menjawab dalam lukisannya untuk perkembangan filsafat, politik, dan sastra Prancis kontemporer selama periode perubahan paling dinamis. Sebagian besar karyanya selama Revolusi itu hanya berlangsung sebentar saja, dalam bentuk kontes dan prosesi propaganda besar [lihat Fete Révolutionnaires]. Dia adalah diktator seni setelah pelaksanaan Louis XVI. Subyeknya, awalnya diambil dari mitologi klasik, pindah ke penulis Stoic mengemukakan warga Negara sebagai lawan kebajikan domestik. Karya-karyanya yang paling terkenal, Sumpah Horatii, dieksekusi pada 1780-an. Tema pahlawan penderitaan, mengorbankan pribadi, loyalitas keluarga untuk tugas negara (misalnya Kematian Marat, 1793) digantikan oleh gagasan konsiliasi (Sabine Perempuan, 1799) dan kemudian oleh pahlawan kemenangan (Napoleon melintasi Alpen) selama Kekaisaran. David menarik inspirasi dari Antique tetapi juga dari 17th-c kebesarannyanya. Poussin teman sebangsanya. Karakternya kompleks, dan banyak potret tentang mengutuk bangsawan yang memiliki elemen yang kuat dalam penanganan Romantis dan interpretasi.

  • Sumpah Horatii 

 
Pembuat:      Jacques-Louis David (1748-1825)
Tanggal:       1784
Museum:      Musée du Louvre , Paris, Île-de-France, Perancis
Lukisan ini diambil dari cerita pada novel “HORATIUS” karangan Cornaille yang menceritakan adanya dua kelompok keluarga yang berhubungan sangat erat karena tali perkawinan, namun  karena  keharusan peperangan, maka mereka terpaksa berpisah.
Lukisan ini menggambarkan sumpah keluarga Horatius dimana sang Bapak berdiri di tengah ruangan sedang mengangkat sumpah 3 orang anaknya yang bergerombol disebelah kiri. Sementara di sebelah kanan, para wanita anggota keluarga dan anak-anak sedang menangis sedih.
Pada Lukisan Sumpah Horatii obyeknya begitu dramatis, berat dan tidak menggairahkan, tokoh-tokohnya tidak lembut dan cantik, sementara pencahayaannya begitu tetrikal dan  matematis yang kaku. Sedangkan latar belakang arsitekturnya bergaya doria yang dingin dan sederhana, garis-garisnya lurus, benar-benar sesuai dengan kedinginan suasana dalam seluruh lukisan tersebut dan mempunyai tujuan untuk mendidik, menggugah spirit dan bersifat moralistik

  • Kematian Marat 
 

Kematian Marat (Perancis: La Mort de Marat) adalah sebuah lukisan 1793 dengan gaya neoclassic oleh Jacques-Louis David, ini adalah salah satu gambar yang paling terkenal dari Revolusi Perancis. Karya ini mengacu pada pembunuhan wartawan radikal Jean-Paul Marat, yang terbunuh pada 13 Juli 1793 oleh Charlotte Corday, tokoh Revolusi Perancis dari keluarga bangsawan kecil. Corday, yang menyalahkan Marat untuk Pembantaian September dan takut perang semuanya sipil, menyatakan "Aku membunuh satu orang untuk menyelamatkan 100.000."
Jean-Paul Marat (24 Mei 1743 - 13 Juli 1793), adalah seorang dokter kelahiran Swiss Perancis, filsuf, ahli teori politik dan ilmuwan paling dikenal sebagai wartawan radikal dan politikus dari Revolusi Perancis.

Marat sering mencari kenyamanan mandi dingin untuk mempermudah itchings kekerasan yang disebabkan oleh penyakit kulit yang lama dikatakan telah dikontrak tahun sebelumnya, ketika ia terpaksa bersembunyi dari musuh-musuhnya dalam gorong-gorong Paris.

Daud adalah teman dekat Marat, serta pendukung kuat Robespierre dan Jacobin. Karena kesulitan bicara (dia punya wajah tumor jinak tetapi besar, hasil dari cedera dipertahankan kalau anggar), David kewalahan oleh kemampuan alami mereka untuk meyakinkan orang banyak dengan pidato mereka. Bertekad untuk mengenang temannya, David dicat ini potret Marat.

  • Napoleon Melintas Alpen 


Lukisan terkenal “Napoleon Melintasi Alpen” karya Jacques-Louis David. Lukisan ini disimpan di Musee du Louvre, Paris.
Pada lukisan ini terlihat Napoleon sedang menaiki keledai.
Pembuat:      Jacques-Louis David (1748-1825)
Tanggal:       1803
Museum:      Chateau de Versailles [Musée National du Château de Versailles et du Trianon] , Versailles, Perancis
  • Lukisan Josephine 

Pembuat:      Jacques-Louis David (1748-1825)
Tanggal:       1791
Museum:      Chateau de Versailles [Musée National du Château de Versailles et du Trianon] , Versailles, Perancis
Penobatan Josephine sebagai Ratu Perancis di Katedral Notre Dame. Lukisan karya Jacques Louis David ini berukuran 6,2 x 9,8 meter.
Lukisan ini sungguh karya seni yang luar biasa. Selain ukurannya yang sangat besar, detailnya juga sangat rinci.


Selain karya-karya David diatas, karya-karya lukisan David, diantaranya adalah Madame Pierre Seriziat (nee Emilie Pecoul) dengan Putranya, Emile (1795); Madame David (1813) ; Antoinette Gabrielle Charpentier (1793); Antonie-Laurent Lavoisier dan Istrinya (Marrie-Anne-Pierrette Paulze) (1788); Sumpah dari [sketsa grisaille] Lapangan Tenis (1791) dan masih banyak lagi yang lainnya.

1 komentar: